Selasa, 12 Juni 2018

Desain Rumah Minimalis Jepang Modern yang Nyaman


Desain Rumah Minimalis Jepang Modern - Rumah yang nyaman adalah impian semua orang. Rumah diharapkan menjadi tempat yang bisa membuat tubuh penghuninya menjadi rileks dan perasaan menjadi tenang. Rumah minimalis jepang modern bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk rumah masa kini. Seperti yang kita ketahui padatnya kota dan banyaknya rentetan aktivitas membuat badan menjadi jenuh dan pikiran rawan stress.

Rumah Jepang selalu menampilkan unsur-unsur yang alami namun fungsional. Jadi rumah Jepang yang kental dengan alam dapat dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi rumah yang modern dengan konsep minimalis.

Yuk, Mendesain Rumah Minimalis Ala Jepang di Indonesia!


Mempunyai rumah jepang di lahan sempit bukan mimpi lagi karena Anda bisa mewujudkannya sekarang juga. Sesuai dengan konsepnya bahwa rumah minimalis merupakan rumah dengan lahan yang tidak terlalu luas. Jadi, apabila hanya tersedia lahan yang sempit tidak menjadi kendala untuk membuat rumah minimalis.

Kemudian tinggal disesuaikan saja dengan ciri khas rumah-rumah Jepang. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mulai membangun rumah impian tersebut. Berikut ini adalah faktor utama pembentuk rumah Jepang modern yang minimalis.

1. Tempat untuk masuk ke dalam rumah

 



Ciri khas orang Jepang sebelum memasuki ruang tamu adalah melepas sepatu atau alas kaki terlebih dahulu. Ini merupakan ciri yang sangat menonjol. Setelah bepergian, penghuni rumah harus mengganti alas kaki di tempat ini. Dari yang awalnya menggunakan sepatu atau sendal luar ruangan kemudian diganti dengan sendal khusus dalam ruangan.

Jangan lupa menyediakan rak sepatu untuk meletakkan sepatu-sepatu. Fungsi rak sepatu juga memudahkan Anda ketika mencari sepatu agar tidak berceceran di mana-mana.

2. Ruang Tamu



Ruang tamu bagi orang Jepang tidak menggunakan kursi atau sofa. Namun karena Anda tinggal di Indonesia dan akan membuat perpaduan rumah minimalis jepang modern maka Anda bisa menggunakan sofa. Pilihlah sofa dengan warna yang sesuai dengan tema Jepang. Warna ruang tamu orang Jepang identik dengan cokelat kayu. Anda juga bisa menorehkan warna cokelat kayu ditambah dengan warna hitam dan merah.

Untuk sofa bisa memilih warna cokelat lembut. Anda tidak perlu memasang ornamen begitu banyak di sini karena rumah minimalis yang modern lebih mengedepankan fungsi atau kegunaan. Jika Anda terbiasa menggunakan tirai dengan warna bervariasi maka ubahlah kebiasaan tersebut saat memilih rumah gaya Jepang. Anda hanya perlu memasang tirai dengan satu warna saja. Ruangan akan terkesan sederhana namun modern dan terlihat menawan sejuk dipandang mata.

3. Ruang Dapur



Ruang dapur yang Anda buat harus efektif dan efisien. Anda harus membuat desain yang benar-benar bermanfaat. Begitu juga dengan perabotan di dapur tidak perlu banyak, yang terpenting semua dapat berfungsi dan bermanfaat dengan baik. Jika pada ruang dapur Jepang cukup luas, maka untuk rumah Anda sesuaikan saja dengan lahan yang ada. Konsep minimalis mengarahkan Anda untuk membuat ruangan yang sempit menjadi berguna.

Baca juga :

4. Pintu geser



Salah satu konsep desain rumah jepang klasik berikut ini pasti sudah Anda pahami. Hampir semua rumah Jepang menggunakan pintu geser. Pintu geser pada dasarnya tidak rumit justru pintu ini sangat fungsional dan dapat membuat udara sejuk dapat masuk ke rumah. Buatlah pintu dengan ukuran cukup besar dan pilih material yang awet agar tahan lama.

5. Ruang keluarga tanpa sofa



Di ruang keluarga Anda bisa memasang televisi layar datar yang ditempel di dinding. Anda harus mempertimbangkan efisiensi ruangan jadi pilihlah interior yang tidak memakan ruang. Anda tidak perlu meletakkan sofa pada ruangan keluarga rumah minimalis jepang modern. Namun diganti dengan karpet dan berilah beberapa bantal. Anda dan anggota keluarga dapat menghabiskan waktu di sini.

Jika perlu tambahkan meja pendek yang cara penggunaannya disesuaikan dengan duduk di lantai. Meja ini nantinya bisa untuk meletakkan snack atau makanan ringan saat nonton tv bersama keluarga. Anda bisa membuat ruang keluarga menjadi ruang santai untuk berolahraga khas Jepang, misalnya untuk Yoga.

6. Teras dan taman



Jika masih tersisa lahan, Anda bisa membuat teras serta taman sekaligus. Bagi orang Jepang, teras berfungsi sebagai tempat untuk saling berbincang dengan menikmati taman yang ada di depannya. Teras dan taman tidak perlu luas. Anda pun harus pandai-pandai memilih tanaman yang awet, perawatan mudah, dan tentu saja tanaman yang indah.

7. Ruang tengah



Jika masih ada lahan kosong di dalam rumah, manfaatkan untuk membuat kolam kecil. Kolam bisa diisi dengan jenis ikan hias berwarna-warni. Ruang tengah sangat sesuai dengan rumah minimalis jepang modern. Jika tidak menyukai kolam, maka biarkan saja sebagai suatu ruangan namun tanpa atap.

Jadi, ketika hujan Anda bisa melihat, mendengarkan, dan menikmati bunyi titik-titik hujan secara langsung. Jangan lupa untuk memasang penahan air hujan agar tidak masuk ke ruangan yang lain. Namun, ruang tengah ini hanya insidental saja jika masih ada lahan dan jika Anda berminat.

8. Dinding kayu



Untuk memberikan kesan dinding kayu, Anda bisa memodifikasi dinding beton yang dicat dengan warna kayu. Rumah jepang di Indonesia tetap menyesuaikan dengan kondisi cuaca yang ada di Indonesia. Jadi, Anda bisa memadukan konsep-konsep Jepang yang diaplikasikan pada material rumah yang cocok di Indonesia.

Pemilihan dinding warna coklat kayu bisa menjadikan suasana di rumah lebih sejuk. Apalagi jika ditambah ornamen ala-ala Jepang yang langsung digambar di dinding atau pada lukisan. Namun, harus selalu diingat ornamen hanya sederhana saja.

9. Tanaman di dalam rumah



Rumah minimalis jepang modern tetap tidak dapat dipisahkan dari kesan alam. Anda perlu meletakkan interior alami di dalam rumah. Letakkanlah tanaman hias yang indah di pojok-pojok rumah atau di atas meja. Anda bisa memilih tanaman bonsai seperti anggrek dan pohon palem. Jika Anda menyukai kaktus bisa menambahkan kaktus.

10. Garasi


Garasi masih mengacu pada desain rumah jepang modern. Meskipun garasi sebagai ruang penyimpanan kendaraan namun harus tetap dipertimbangkan konsepnya. Pasanglah atap berwarna cokelat dengan lantai abu-abu sesuai dengan konsep minimalis dan konsep rumah Jepang.

11. Interior minimalis



Dalam pemilihan interior pada rumah minimalis harus mengutamakan fungsi. Jadi, sebisa mungkin pilihlah perabot yang multifungsi. Misalnya tempat tidur yang berfungsi sebagai laci sekaligus. Laci berada tepat di bawah tempat tidur sehingga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang. Jadi, tidak ada ruang kosong di bawah tempat tidur. Begitu juga dengan perabot yang lainnya.

Nah, itulah beberapa prinsip yang harus diperhatikan ketika akan membuat sebuah rumah dengan konsep yang minimalis ala Jepang. Rumah minimalis akan membuat Anda nyaman berada di rumah. Anda dan anggota keluarga pun mudah membersihkan rumah karena tidak terlalu luas. Semoga konsep unik rumah minimalis jepang modern ini dapat bermanfaat untuk Anda.



Artikel Terkait

Desain Rumah Minimalis Jepang Modern yang Nyaman
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email