Selasa, 22 Mei 2018

Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dengan Model Unik


Sebuah rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi hampir seluruh masyarakat di seluruh dunia. Bagi masyarakat yang menempati wilayah-wilayah perkotaan dengan jumlah penduduk yang cukup padat, mendapatkan sebuah rumah dengan ukuran yang cukup besar akan menjadi kesulitan tersendiri.

Selain karena kurangnya lahan, harga rumah yang semakin melambung juga menjadi penghalang bagi sebagian mereka untuk memiliki sebuah rumah idaman. Masalah inilah yang membuat masyarakat perkotaan hanya bisa mendapatkan rumah dengan tipe kecil. Namun, jangan berkecil hati karena masih banyak cara menata rumah kecil agar terlihat luas dan unik.


Macam-Macam Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dan Unik


Memilih dan membeli sebuah rumah kecil sebenarnya bukanlah sebuah masalah besar. Sekarang ini rumah besar bukanlah menjadi keharusan. Apalagi jika rumah besar tersebut tidak ditata dengan rapi dan bahkan terkesan kumuh serta berantakan. Dengan pemilihan rumah kecil yang ditata sedemikian rupa akan membuat rumah tersebut lebih baik dibandingkan dengan rumah berukuran sangat besar sekalipun.

Jika sang pemilik pandai menata interior rumah dan membawa rumah dengan tema tertentu bisa menjadikan rumah tersebut menjadi lebih cantik.

Berikut beberapa cara menata rumah kecil dan sederhana agar terlihat luas.

1. Pemberian Warna Terang Pada Dinding Rumah

Pemilihan warna dinding untuk rumah kecil sangatlah penting dalam memberikan kesan  luas. Jangan memilih warna-warna dengan cooltown yang gelap. Warna-warna yang dipilih untuk memberikan kesan yang lebih baik untuk menunjang interior ruang adalah warna yang mengarah pada warna terang. Warna terang yang diaplikasikan pada dinding akan memberikan kesan lebih lapang dan lebih luas.

Pemberian warna terang pada dinding
Beberapa warna yang cocok untuk diaplikasikan pada rumah ukuran kecil adalah warna-warna netral yang terang seperti putih, kuning, putih gading atau abu-abu muda yang lembut. Hindari pula penggabungan warna terang yang bukan merupakan bagian dari earth color seperti hijau dan kuning kecuali ruang tersebut dibarengi dengan sistem pencahayaan yang sangat baik. Pengaplikasian warna gelap juga sebaiknya sangat dihindari karena meskipun memberikan kesan nyaman tapi warna ini tidak akan memantulkan cahaya justru akan menyerap cahaya yang masuk.

2. Batasi Jumlah Pintu dalam Rumah

Cara menata rumah kecil agar terlihat luas selanjutnya adalah dengan membatasi jumlah pintu di rumah. Pintu memang merupakan salah satu pokok dalam sebuah rumah namun pintu dengan jumlah banyak hanya akan membuat rumah menjadi semakin sempit. Pintu utama masih harus tetap ada, pintu yang sebaiknya dikurangi adalah pintu-pintu yang berfungsi sebagai penyekat antar ruang. Jika memang sekat antar ruang diperlukan, Anda bisa memilih sebuah rak buku atau ambalan kayu yang dapat dimultifungsikan sebagai tempat penyimpanan.

Baca juga : Cat ruang tamu yang menjadi trend

3. Pengaplikasian Jendela dengan Tirai Besar

Beralih dari pintu, kali ini pemilihan jendela juga bisa memberikan kesan rumah lebih lebar dan luas. Penggunaan jendela dengan ukuran besar akan memberikan intensitas cahaya yang lebih baik untuk dapat memasuki dan memenuhi ruangan pada rumah kecil. Pemberian cahaya yang lebih baik ini akan menjadikan rumah kecil menjadi lebih terang, terbuka dan tentu saja lebih luas. Cara ini juga bisa diaplikasikan sebagai cara menata ruangan kamar yang sempit. Penggunaan tirai besar juga menambah point keluasan ruangan.

4. Pemberian Hiasan Plafon yang Unik

Plafon biasanya bukan menjadi perhatian khusus bagi para pemilik rumah. Padahal sesungguhnya pemberian hiasan untuk plafon  akan memberikan distraksi pada mata untuk melihat ke atas dan memberikan ilusi lebih tinggi pada ruang vertikal. Prinsip ilusi ini akan memberikan kesan lebih luas yang efektif bagi rumah-rumah berukuran kecil.

Hiasan plafon untuk rumah kecil
Cara menghias plafon juga cukup beragam. Dari mulai menggunakan sticker atau bahkan memberikan wall art yang lain dari kebanyakan plafon di rumah. Semakin unik hiasan plafon yang dipasang akan semakin menuntun mata untuk melihat ke atas. Selain itu, semakin unik hiasan plafon juga akan memberikan kesan unik pada rumah secara menyeluruh.

5. Jangan Meletakkan Furnitur Terlalu Menempel pada Dinding

Cara menata rumah kecil agar terlihat luas selanjutnya adalah dengan tidak meletakkan sebuah furniture terlalu menempel pada sebuah dinding. Mitos dan kebiasaan kebanyakan masyarakat yang menata  furniture rumah mereka menempel di dinding adalah sebuah kesalahan. Mereka percaya bahwa jika mereka menggeserkan furniture rumah mereka ke dinding akan memberikan ruang yang lebih lapang. Padahal sesungguhnya kebiasaan ini tidak selalu benar.

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan dalam kasus ini adalah penempatan sofa di ruang tamu rumah. Jika ukuran ruang tamu rumah Anda cenderung kecil maka sebaiknya Anda menempatkan sofa tersebut sedikit bergeser dari dinding. Pemberian celah pada sofa dan dinding akan memberikan efek yang lebih baik. Penggeseran sofa dan dinding ini bisa dilakukan sampai timbul bayangan dari sofa pada saat cahaya masuk. Bayangan ini yang akan memberikan persepsi ruangan lebih luas.

6. Pilihlah Furnitur yang Bisa Digunakan Sebagai Furnitur Multifungsi

Pemilihan furniture yang tepat bisa menjadi salah satu cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Furnitur bisa menjadi pemanis atau bahkan boomerang bagi rumah-rumah berukuran kecil. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa para pemilik rumah dengan ukuran kecil harus dapat memilah furniture manakah yang akan diletakkan di rumah. Salah satu jenis furniture yang dapat dijadikan pilihan bagi pemilik rumah kecil adalah dengan menggunakan furniture multifungsi.

Furniture untuk ruang tamu yang kecil
Furniture Multifungsi adalah jenis furniture yang tidak hanya dapat dipakai dalam satu fungsi saja melainkan beberapa fungsi dalam satu jenis. Misalnya adalah penggunaan lemari dan meja kecil dalam ruang kerja yang sempit.  Dua jenis furniture ini akan lebih bermanfaat dan lebih praktis apabila dijadikan satu. Sebuah meja berlaci atau sebuah kabinet multifungsi dapat memberikan kesan lebih luas karena tidak membutuhkan banyak ruang. Contoh lain adalah penggunaan kasur yang memiliki laci-laci sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beberapa barang-barang dan tidak lagi memerlukan lemari-lemari lain.

Baca juga :

7. Berikan Sentuhan Karpet Dengan Motif serta Pola Unik

Cara menata rumah kecil agar terlihat luas selanjutnya adalah dengan menempatkan sebuah karpet dengan motif dan pola yang unik pada beberapa ruang. Karpet yang digunakan juga tidak boleh sembarangan karena pemilihan karpet yang salah hanya akan memberikan kesan lebih sempit pada rumah yang kecil. Usahakan untuk menempatkan karpet dengan pola berulang dan kecil.

8. Manfaatkan Magic dari penempatan Cermin

Memanfaatkan keberadaan cermin menjadi salah satu cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Anda dapat mencontohnya dengan mengunjungi sebuah rumah makan atau pusat perbelanjaan yang sempit. Rata-rata dari mereka menempatkan cermin-cermin pada sekeliling ruang mereka agar mendapatkan kesan ruang lebih besar.

Selain itu penempatan cermin juga bisa dijadikan aksen hiasan pada rumah mungil Anda.

Semoga bermanfaat.
Ohya, selaman menjalankan ibadah shiyam, ya! :)



Artikel Terkait

Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dengan Model Unik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email