Rabu, 14 Februari 2018

Model Rumah Sederhana di Kampung yang Bisa Dijadikan sebagai Referensi


Referensi Model Rumah Sederhana di Kampung - Faktanya, masih banyak orang tertarik dengan model rumah sederhana di kampung. Tidak dipungkiri bahwa desain arsitektur rumah dapat memberikan gambaran tentang karakter dari pemilik rumah. Jadi tidak mengherankan jika banyak orang yang sengaja mendesain rumahnya dengan gaya dan model yang unik agar bisa mewakili gaya mereka sebenarnya.

Apa Saja Model Rumah Sederhana di Kampung? Inilah Beberapa Contohnya 

Tak hanya dijadikan sebagai tempat beristirahat, rumah juga berfungsi untuk melepas stress dan berkumpul bersama keluarga. Maka dari itu, desain rumah benar-benar harus Anda perhatikan agar setiap anggota keluarga selalu merasa nyaman di dalam rumah. Model rumah sederhana ala-ala pedesaan sedang digandrungi saat ini. Sebab banyak orang yang lebih tertarik untuk memiliki rumah sederhana bernuansa perdesaan.


Rumah di perkampungan masih sangat sedikit yang bertingkat. Sebab lahan di perkampungan memang masih cukup luas. Berbeda dengan perkotaan yang lahannya terbatas. Untuk Anda yang penasaran dengan model rumah sederhana di perkampungan, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Rumah tumbuh



Model rumah sederhana di kampung yang pertama dikenal dengan nama rumah tumbuh. Desain yang digunakan sebenarnya adalah split-grow houses. Artinya, konsep konstruksi rumah idaman Anda akan dibuat dengan menyisakan ruang. Ruang sisa ini masih memungkinkan untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dari pemilik rumah suatu waktu nanti.  Contoh rumah sangat sederhana ini dapat memudahkan Anda untuk mendesain dan menyiapkan anggaran dengan budget yang terjangkau. Model rumah sederhana ini tetap terkesan mewah meskipun master plan keseluruhannya tidak begitu besar. Hal ini tentunya sesuai dengan konsep rumah sederhana yakni biaya konstruksi rumah yang terjangkau dan lahan yang luas.

2. Desain minimalis kontekstual



Selanjutnya, Anda bisa membuat rumah idaman sederhana di desa keren dengan menerapkan model desain minimalis kontekstual. Konsep ini lebih fokus pada hubungan antara lingkungan, bangunan dan pemiliknya. Konsep ini dapat menghadirkan atau menghidupkan kembali elemen lingkungan secara spesifik pada bangunan baru yang akan dibuat. Contohnya adalah dengan menggunakan motif berpola dan material yang identik dengan lingkungan sekitar bangunan.

Baca juga :

3. Konsep centralized



Model rumah sederhana di kampung selanjutnya adalah konsep centralized. Banyak pemilik rumah yang berupaya untuk memaksimalkan semua sisi lahan yang dimiliki tanpa mempedulikan estetika dan fungsi rumah. Akibatnya, rumah terkesan berantakan dan keluar dari konsep awal yakni minimalis dan sederhana layaknya di perkampungan. Bagi Anda yang memiliki luas lahan luas tapi anggaran terbatas, maka konsep centralized bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Sebab konsep ini dapat membantu Anda untuk membuat rumah sederhana tapi dengan gaya yang unik dan tetap menarik. Konsep centralized membuat ruang-ruang di dalam rumah Anda saling terhubung tanpa adanya pembatas antara satu ruang dengan ruangan lainnya. Bentuk rumah sederhana tapi elegan tentunya akan membuat ikatan antara Anda dan keluarga semakin terasa hangat.

4. Split level



Rumah indah di desa desain split level memang sangat diminati beberapa waktu belakangan ini. Pasalnya konsep ini bisa Anda aplikasikan untuk rumah sederhana dengan lahan sempit tapi akan terlihat tetap indah. Moel ini memang seringkali dipakai untuk mengakali rumah yang dibangun di atas lahan terbatas. Model split level sangat berhubungan dengan teknik konstruksi yang dapat menciptakan ruang dengan ketinggian yang berbeda. Perbedaan tinggi lantai pada konsep rumah ini akan membuat ruangan di dalam rumah terkesan lebih lapang dan besar.

5. Rumah panggung




Meskipun terlihat sangat klasik, nyatanya model rumah sederhana di kampung yang satu ini masih banyak diminati masyarakat. Desain rumah akan dibuat agak tinggi. Jadi tangga kecil yang ada di depannya dapat mempercantik rumah sederhana ini. Agar rumah panggung terlihat lebih asri, Anda dapat menanam tumbuhan hijau di sekitar rumah.

6. Rumah Ecogreen



Anda yang sangat suka dengan tanaman dan rumah bernuansa alami pastinya akan sangat suka dengan konsep rumah ecogreen. Model rumah sederhana di kampung ini dikelilingi rerumputan hijau dan pohon yang rindang. Ingin terlihat semakin unik? Anda bisa membuat pintu masuk dari arah samping.

Tujuannya adalah agar rumah tampak lebih rapi dan bagus. Biasanya, desain rumah ecogreen menyediakan tanah di depan seluas kurang lebih 2 meter untuk dijadikan sebagai taman kecil yang asri dan indah. Bentuk rumah yang sederhana serta perpaduan tanaman yang natural tentu akan membuat rumah Anda semakin indah. Anda dan keluarga pun akan semakin betah dan nyaman berada di dalam rumah.

7. Cross gabled roof



Model rumah ini dibentuk dengan konsep yang unik. Dimana rumah didesain dengan tembok yang kelihatan dari depan. Atap juga dibuat senada dengan bentuk pagar rumah sehingga akan semakin terlihat sederhana tapi tetap menarik. Konsep ini memang lebih menyatu dengan alam. Karena pagar rumah akan dihiasi dengan tanaman dan batu alam yang warnanya senada dengan cat tembok rumah. Model rumah ini sangat sering diterapkan pada rumah kampung jawa khususnya yang tinggal di desa. Sebab warna catnya yang segar akan membuat rumah terlihat semakin hidup dan indah.

Anda harus baca :

Model rumah ala-ala kampung diminati bukan hanya karena desainnya saja yang menarik, melainkan biaya konstruksinya yang cukup murah. Selain itu, banyak pula masyarakat yang ingin mendesain rumahnya agar terlihat sederhana karena sudah jenuh dengan kehidupan perkotaan yang selalu monoton. Hidup di kampung merupakan cara yang biasa diambil oleh masyarakat untuk bisa menenangkan diri dari semua kesibukan dan rutinitas selama di kota. Jika tidak memiliki waktu untuk pulang ke kampung, maka membangun rumah yang konsep dan desainnya sama seperti rumah di kampung tentu menjadi solusi terbaik. Dengan begitu, Anda akan merasa seolah-olah sedang berada di kampung ketika pulang ke rumah.

Apalagi, Model rumah sederhana di kampung juga terkenal sangat terjangkau. Dengan budget yang minim, Anda sudah bisa membangun rumah sederhana yang nyaman. Apalagi, rumah sederhana juga tidak membutuhkan luas lahan yang terlalu besar. Sehingga Anda bisa lebih menghemat anggaran konstruksi bangunan dan pembelian lahan.

Sama seperti sedang membangun rumah pada umumnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membangun rumah sederhana di kampung. Beberapa diantaranya adalah fungsional ruang, luas lahan, relief dinding, bentuk rumah, konsep rumah, rencana anggaran biaya, cat rumah, perabotan dalam rumah dan lain sebagainya. Dengan memerhatikan hal-hal penting tersebut, tentunya Anda bisa membangun rumah sederhana yang keren dan juga menarik.

Adakah salah satu model rumah di atas yang menarik di mata Anda? Pada dasarnya, desain rumah sangat dipengaruhi oleh selera dari masing-masing pemilik rumah. Namun ada baiknya jika Anda mencari referensi terlebih dahulu terkait dengan model rumah sederhana yang sedang hits saat ini. Sekian ulasan terkait dengan model rumah sederhana di kampung. Dengan adanya ulasan kali ini, semoga Anda bisa membangun rumah dengan desain dan konsep yang diinginkan.




Artikel Terkait

Model Rumah Sederhana di Kampung yang Bisa Dijadikan sebagai Referensi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email