Update artikel desain rumah seperti desain rumah minimalis modern, kamar tidur anak, kamar mandi, Warna Cat Rumah, dan tips lainnya.

Memilih Dekorasi Ruang Tamu Terbaik Mudah Kok!

Dekorasi Ruang Tamu – Ruang tamu bagi beberapa orang memang digunakan hanya untuk menjamu yang datang ke rumah, namun bagi yang lain ruangan ini dapat dijadikan sebagai tempat serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan harian seperti menyelesaikan tugas, bermain, berkumpul keluarga, hingga sekedar menikmati waktu luang.

Banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan saat berada di ruang tamu itu pada akhirnya menjadikan dekorasi ruang tamu sebagai hal esensial yang harus diperhatikan. Tentunya Anda tidak dapat sembarangan ketika menempatkan barang untuk dijadikan sebagai dekorasi ruang tamu agar ruangan terlihat cantik dan elegan.

Berbicara mengenai dekorasi ruang tamu, sebenarnya ada banyak inspirasi yang referensi menciptakan ruang impian - mulai dari apa saja yang dapat digunakan sebagai dekorasi ruang tamu hingga bagaimana cara yang tepat untuk meletakkan atau menempatkan dekorasi ruang tamu tersebut. Apa sih yang harus diperhatikan? Langsung mulai yuk!

Dekorasi Ruang Tamu
Dekorasi Ruang Tamu
  • Rencanakan dengan tepat
Hal pertama terpenting yang harus selalu  diingat adalah membuat planning atau perencanaan. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi interior desain atau dengan menggambarkannya secara manual. Hal ini akan sangat membantu sebab perencanaan tepat mempercepat kinerja sebab Anda tak perlu berulang kali bongkar-pasang barang mencari posisi terbaik. Jangan lupa tentukan focal point sebagai acuan kita dalam menentukan posisi dekorasi ruang tamu. (Baca juga: Desain Ruang Tamu Minimalis )
  • Pilih detail dan warna
Saat akan menggunakan detail pattern, perlu Anda ingat bahwa tiga merupakan jumlah ideal dari total detail pattern yang dapat digunakan untuk satu buah ruangan. Anda dapat mengombinasikannya berdasarkan ukuran mulai dari besar, medium atau kecil. Sedangkan untuk warna, Anda dapat menggunakan takaran warna utama sebanyak 60%, dua warna aksen masing-masing 15%, kemudian Anda dapat menambahkan 10% warna yang kuat sebagai kombinasi tambahan.
  • Perhatikan pencahayaan
Pecahayaan lampu -  selain untuk menerangi ruangan – juga dapat Anda gunakan untuk dekorasi ruang tamu lho. Anda dapat memilih yang paling sesuai keinginan, mulai dari wall sconces, lampu meja, atau lampu lantai. Jangan lupa perhatikan level atau posisi lampu saat hendak menginstal karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keseimbangannya.
  • Sisipkan Artwork
Pepatah mengatakan bahwa dinding yang kosong adalah dinding yang belum selesai, oleh karena itu penting bagi Anda untuk menggunakan hiasan dinding yang sesuai atau masih berhubungan  dengan furniture ruang tamu. Pilih yang memiliki ukuran dua pertiga bagian dari panjang sofa untuk hiasan dinding berukuran besar, sedangkan untuk hiasan dinding berukuran kecil dapat diletakkan secara berkelompok atau meletakkannya pada sebuah frame berukuran berukuran besar dengan pingginan matte. ( Baca juga: Contoh Pilihan Warna Cat Ruang Tamu Ukuran Sempit )
  • Perhatikan pilihan meja
Selain sebagai tempat untuk meletakkan suguhan kepada tamu, meja juga berfungsi sebagai dekorasi ruang tamu untuk membantu meletakkan beberapa aksesori. Meja yang baik adalah meja yang dapat dijangkau dengan tangan tanpa harus berdiri terlebih dahulu, oleh karena itu perhatikan pilihan Anda baik-baik ya! Meja berukuran besar atau lebar merupakan pilihan yang bagus untuk digunakan, namun akan sangat mengganggu jika meja besar tersebut malah menghalangi jalan. Pastikan untuk memberikan sedikit ruang yang lapang saat memposisikan meja dengan sofa.
  • Perhatikan traffic flow
Traffic flow atau arus kegiatan  saat berada di ruang tamu juga sangat penting untuk diperhatikan untuk mendapatkan ruang impian oleh karenanya usahakan agar meletakkan dekorasi ruang tamu pada jarak yang aman. Posisikan barang pecah belah sedikit lebih jauh dari gerak tangan untuk menghindari kecelakaan yang tak diinginkan. Namun juga bahwa hiasan tersebut masih dalam jarak pandang yang ideal ya.

So, cara memilih dekorasi ruang tamu tersebut cukup sederhana untuk diikuti ‘kan? Selamat mencoba ya!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Memilih Dekorasi Ruang Tamu Terbaik Mudah Kok!