Update artikel desain rumah seperti desain rumah minimalis modern, kamar tidur anak, kamar mandi, Warna Cat Rumah, dan tips lainnya.

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Dari Barang Bekas

Barang bekas seperti bekas gulungan tisu atau botol plastik sering dianggap remeh karena dianggap tidak memiliki nilai jual atau estetika apapun. Padahal sesungguhnya barang tersebut dapat Anda gunakan sebagai modal untuk membuat hiasan kamar jika mau sedikit saja memutar otak. Nah, kali ini tim redaksi memiliki beberapa opsi tips cara membuat hiasan dinding kamar dari bahan bekas yang tetap menarik  – bahkan memiliki nilai jual – tanpa perlu mengeluarkan biaya pembuatan yang sangat mahal. Jika penasaran, yuk simak cara membuat hiasan dinding dari barang bekas berikut ini:
  • Bingkai figurin
Bingkai figurin
Cara membuat hiasan dinding kamar dari sedotan
Cara membuat hiasan dinding kamar dari barang bekas ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki banyak koleksi figurin atau action figure mini namun belum memiliki tempat untuk memajang benda kesayangan tersebut.

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Beberapa karton bekas gulungan tissue
  • Pensil
  • Penggaris atau meteran untuk mengukur
  • Alat untuk memotong (gunting atau cutter)
  • Perekat super
  • Kertas warna-warni untuk pelapis atau juga dapat menggunakan cat kertas
Cara membuat:
  1. Bagi karton bekas gulungan tissue kedalam ukuran 5 cm atau sesuai selera dengan menggunakan pensil dan penggaris lalu potong.
  2. Untuk Anda yang menggunakan kertas, bagi kertas sesuai dengan lebar dan panjang karton bekas gulungan tissue lalu potong.
  3. Oleskan lem ke seluruh permukaan luar karton bekas gulungan tissue, berhati-hatilah agar tangan tidak terkena lem.
  4. Lalu tempelkan kertas warna-warni yang telah dipotong tadi pada bagian yang telah diolesi dengan lem.
  5. Anda juga dapat melakukan hal yang sama pada bagian dalam karton bekas gulungan.
  6. Bagi Anda yang menggunakan cat, warnai seluruh bagian karton bekas gulungan tissue yang telah dipotong tadi denga menggunakan cat. Tunggu hingga kering.
  7. Jika lem atau cat sudah mengering, susun potongan-potongan karton bekas gulungan tissue tadi membentuk segi enam atau bentuk lainnya sesuai dengan keinginan dengan cara menempelkannya satu sama lain. Anda harus menggunakan perekat super agar tidak mudah terlepas.
  8. Bingkai figurin dari karton bekas gulungan kertas pun telah selesai dibuat. Anda dapat menempelkannya di dinding dengan menggunakan bantuan paku atau menambahkan tali di bagian atas.
  • Pocket jeans multi fungsi
Pocket jeans multi fungsi
Cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri
Cara membuat hiasan dinding kamar dari barang bekas satu ini menjadi solusi ketika Anda memiliki celana jeans atau baju jeans yang sudah tidak terpakai lagi.
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Baju atau celana jeans yang sudah tidak terpakai
  • Pensil dan penggaris bila diperlukan
  • Gunting
  • Perekat super atau juga dapat menggunakan jarum dan benang
  • Kanvas dengan ukuran sesuai selera sebagai media tempel atau Anda juga dapat menggunakan bahan lain seperti cardboard ataupun papan kayu
Cara membuat:
  1. Ambil bagian kantung baju atau celana jeans dengan cara memotongnya sesuai dengan bentuk kantung yang ada. Akan lebih baik jika Anda menyertakan lapisan di belakang kantung lalu sisihkan.
  2. Susun potongan kantung-kantung tadi diatas media tempel sesuai dengan selera.
  3. Apabila sudah menentukan posisi peletakan kantung tadi, Anda dapat memulai untuk menempelkannya dengan menggunakan perekat super atau juga dengan dengan cara menjahitnya apabila Anda menggunakan media kanvas.
  4. Pocket jeans multi fungsi pun telah selesai dibuat. Anda dapat menggunakannya sekedar untuk hiasan dinding atau juga sebagai media penyimpanan atau storage.
  • Monster Hijau
Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Monster Hijau
Cara Membuat Hiasan Dinding kerajinan dari barang bekas
Si Monster Hijau dengan warnanya yang super bright akan menambah keceriaan kamar  Anda. Cara Membuat Hiasan Dinding Kerajinan Dari Barang Bekas unutuk si Monster Hijau sangatlah sederhana karena Anda hanya membutuhkan bola tenis bekas sebagai modal dasarnya:

Bahan – bahan yang diperlukan :
  • Bola tenis bekas
  • Alat tulis
  • Mata boneka
  • Spidol hitam
  • Cutter
  • Perekat super atau tempelan gurita
Cara membuat :
  1. Ambil sebuah bola tenis yang sudah tidak terpakai. Pastikan bola tenis yang digunakan masih memiliki rupa atau tampilan yang cukup baik.
  2. Dengan menggunakan pensil, tentukan dan tandai posisi mata boneka secara proporsional untuk membentuk wajah.
  3. Masih dengan menggunakan pensil, tambahkan sebuah garis lurus dibawah mata tadi untuk membentuk sebuah mulut. Anda bisa membuatnya dalam bentuk yang lurus atau sedikit melengkung.
  4. Dengan menggunakna cutter, buat sobekan sepanjang garis mulut yang sudah kalian gambar tadi. Berhati-hatilah agar tangan tidak terluka saat menggunakan cutter.
  5. Dengan menggunakan tangan atau alat bantu lain, buat sayatan tadi agar sedikit lebih terbuka.
  6. Tempel mata boneka pada tanda yang sebelumnya kalian buat dengan pensil. Apabila tidak memiliki mata boneka, Anda bisa menggambarnya dengan menggunakan spidol, plus buatlah gambar mata sesuka hati sesuai dengan selera.
  7. Setelah desain muka selesai dibuat, Anda bisa menempelkan bola tenis tadi pada dinding kamar dengan menggunakan bantuan perekat gurita. Agar lebih kuat, Anda dapat langsung menempelkannya dengan menggunakan perekat super. Anda juga dapat menambahkan hiasan lain agar si Monster Hijau terlihat lebih menarik.
  8. Monster Hijau pun selesai dibuat. Ada dapat menggunakan mulut Monster Hijau sebagai key holder agar dapat menemukan kunci dengan mudah. Selain itu mulut si Monster Hijau ini juga dapat digunakan untuk meletakkan surat atau note pengingat.
  • Pohon Kancing
Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Pohon Kancing
Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Dari Barang Bekas
Apa Anda punya banyak kancing baju sisa dan tidak tau harus diapakan? Jangan terburu  membuangnya sebab Anda dapat menggunakannya sebagai hiasan untuk mempercantik dinding kamar tidur kalian.

Bahan yang dibutuhkan :
  • Kanvas dengan ukuran sesuai selera
  • Perekat super
  • Aneka kancing sisa atau bekas
  • Alat tulis
  • Alat untuk mewarnai
  • Jarum dan benang jika diperlukan
Cara membuat :
  1. Dengan menggunakan alat tulis, cara membuat hiasan dinding kamar tidur dari barang bekas adalah dengan membuat sebuah gambar pohon berukuran besar beserta dengan cabang dan rantingnya; Anda tidak perlu menggambarkan daunnya.
  2. Jika sudah puas dengan desain pohon yang dibuat, Anda dapat memulai proses pewarnaan pohon tersebut. Sebelumnya, Anda juga dapat menerapkan teknik blok warna untuk background kanvas. Lewati proses blok apabila Anda tidak menginginkannya, kemudian biarkan hingga warna tadi mongering dengan sempurna.
  3. Jika dirasa sudah cukup kering, Anda dapat memulai proses berikutnya. Ambil bermacam kancing bekas atau sisa yang kalian miliki. Tata sedemikan rupa kancing-kancing tersebut sebagai pengganti daun dari pohon yang kalian gambar sebelumnya.
  4. Tempelkan kancing-kancing tersebut pada kanvas dengan menggunakan bantuan perekat super. Pastikan kancing-kancing tersebut telah merekat dengan kuat pada kanvas. Apabila dirasa perlu, Anda dapat juga menjahit kancing tersebut pada kanvas. Tidak perlu memusingkan warna benang yang digunakan karena hal benang yang digunakan akan memberikan detail aksen tersendiri.
  5. Hiasan Pohon Kancing pun telah selesai dibuat. Sebelum digunakan, pastikan perekat yang digunakan telah mongering dengan sempurna agar hasilnya lebih maksimal.
  • Mozaik inisial
Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Mozaik inisial
Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari kertas Mozaik inisial
Tumpukan compact disc (CD) yang tak terpakai seringkali berakhir di tempat sampah, namun dengan sedikit kreativitas Anda sebenarnya dapat menyulapnya menjadi hiasan dinding baru yang bernilai seni lho. Cara membuat hiasan dinding kamar dari barang bekas satu ini sendiri tidak sulit sebab kamu tidak akan memerlukan banyak bahan. Jika penasaran, berikut adalah cara mengubah timpukan CD usang menjadi sebuah hiasan mozaik keren.

Bahan-bahan yang diperlukan :
  • CD yang sudah tidak terpakai
  • Media tempel (kertas, kain, kayu atau bahan lain)
  • Alat tulis
  • Gunting
  • Lem super
Cara membuat :
  1. Potong CD menjadi bagian-bagian kecil sesuai selera, lalu sisihkan.
  2. Gambar inisial huruf yang Anda inginkan diatas media tempel.
  3. Warnai bagian dalam inisial tersebut dengan warna yang disuka, lalu tunggu hingga kering agar dapat melanjutkan cara membuat hiasan dinding kamar dari barang bekas satu ini.
  4. Susun potongan CD yang telah dibuat sebelumnya menjadi sebuah mozaik.
  5. Dengan mengecualikan bagian inisial, lumuri permukaan media tempel dengan menggunakan lem super hingga rata.
  6. Tempelkan potongan-potongan CD tersebut satu persatu. Anda dapat memulai pada bagian terdekat dengan inisial untuk mempermudah proses penyusunan mozaik. Pastikan untuk memilih potongan CD dengan pinggiran yang tepat agar dapat inisial huruf tersebut dapat terbingkai dengan sempurna.
  7. Susun potongan CD tersebut hingga batas diinginkan, lalu lapisi dengan lem agar terkunci sempurna.
  8. Mozaik inisial pun telah selesai dibuat.
  • Hanging jar
Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Hanging jar
Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Hanging jar
Anda yang memiliki toples bekas berbahan kaca dapat menyulapnya menjadi hanging jar yang cukup indah. Nah, cara membuat hiasan dinding kamar dari barang bekas satu ini adalah sebagai berikut:

Bahan yang diperlukan :
  • Toples bekas
  • Tali rami atau hemp rope
  • Lem super
  • Alat pemotong
Cara membuat :
  1. Bersihkan toples seluruh permukaan toples yang sudah tidak terpakai hingga bersih. Pastikan tidak ada kertas dan bekas lem yang tersisa.
  2. Potong tali rami untuk menggantung toles tersebut dengan panjang sesuai selera.
  3. Lilitkan dan ikat dengan kuat tali rami tersebut pada leher toples agar tidak mudah terlepas. Anda dapat melapisi leher toples dengan lem super agar tali dapat menempel kuat pada leher toples.
  4. Hiasan dinding hanging jar pun selesai dibuat.Anda dapat langsung menggantungnya pada dinding kamar atau juga dapat terlebih dahulu memakunya pada bilah kayu atau bingkai yang sudah tidak terpakai agar Hanging jar terlihat lebih cantik saat digantungkan.
  • SLEEP POSTER
cara membuat hiasan dinding kamar tidur dari kertas kado
cara membuat hiasan dinding kamar tidur dari kertas kado
Cara membuat hiasan dinding kamar berupa lukisan atau poster minimalis dapat menjadi alternatif untuk memeriahkan suasana dalam ruangan lho. Poster minimalis berupa tipografi tulisan kata SLEEP dengan sedikit modifikasi ini jelas mampu menjadilkan kamar Anda makin keren meski melalui cara yang sederhana. Tanpa banyak bicara, this is the way to do it!

Bahan yang diperlukan:
  • Media gambar dengan ukuran sesuai selera (kertas manila putih, kanvas atau juga kain)
  • Alat tulis
  • Penggaris atau meteran (jika diperlukan)
  • Alat pewarna
Cara membuat :
  1. Mulailah dengan mengukur batas tepi pada media gambar yang Anda gunakan. Batas tepi ini berguna untuk membantu Anda memposisikan gambar poster yang akan Anda buat.
  2. Cara membuat hiasan dinding kamar ini selanjutnya adalah dengan membuat sketsa dari tulisan kata SLEEP.
  3. Pada bagian huruf E, gantikan dengan dua buah garis lengkung menyerupai kelopak mata yang sedang terpejam. Lalu tambahkan detail garis-garis kecil menyerupai bulu mata di bagian bawah garis lengkung tersebut.
  4. Jika sketsa tersebut telah selesai dibuat, Anda dapat memulai untuk mewarnai sketsa tersebut menggunakan pewarna hitam atau warna lain yang Anda suka. Biarkan hingga warna tersebut mengering sempurna.
  5. SLEEP poster pun selesai dibuat dan siap mempercantik kamar tidur Anda.
  • CABLE TOWN
cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri
cara membuat hiasan dinding kamar buatan sendiri
Sebal dengan uraian kabel lampu listrik yang berantakan? Cara membuat hiasan dinding kamar berikut ini akan membantu Anda mengatasi kabel yang berantakan tersebut. Selain menjadikannya rapi, hiasan dinding kamar yang satu ini dijamin akan menjadikan Anda sebagai pemilik kamar yang terlihat kreatif.

Bahan yang diperlukan :
  • Alat tulis (jika diperlukan)
  • Paku klem atau cable clip (sesuai diameter kabel di kamar Anda)
  • Palu
Cara membuat :
  • Sebelum memulai, pastikan bahwa aliran listrik yang melalui kabel tersebut telah diputus sementara demi keamanan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sarung tangan pelindung selama berkerja.
  • Pertama-tama, buat sketsa siluet sebuah kota pada dinding kosong di kamar Anda dengan menggunakan pensil.
  • Jika sudah, Anda dapat mulai menyusun kabel mengikuti sketsa atau pola yang telah dibuat.
  • Gunakan bantuan paku klem atau cable clip untuk menjaga posisi kabel agar tetap berada sesuai dengan pola yang telah Anda buat. Lakukan serapi mungkin.
  • Ingatlah untuk selalu berhati-hati agar tidak melukai tangan Anda saat memasang paku klem atau cable clip tersebut.
  • Jangan lupa untuk sedikit mengendorkan bagian ujung kabel agar dapat digunakan dengan leluasa saat memasang colokan kabel pada stop kontak.
  • Voila, cara membuat hiasan dinding kamar bertema cable town selesai dibuat.
Hmm, keenam cara membuat hiasan dinding kamar tidur dari barang bekas itu cukup mudah ‘kan? Selamat mencoba!
  • ABSTRACT WALL
Cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas
Cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas
Cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas yang murah namun tidak terlihat murahan bisa didapatkan dengan hanya bermodalkan selotip – sebuah bahan yang sangat mudah didapatkan di sekitar. Well, Anda disarankan untuk menggunakan selotip khusus seperti selotip hias apabila menginginkan hasil terbaik.

Alat dan bahan yang diperlukan :
  • Penggaris dan alat tulis (jika diperlukan)
  • Selotip (dengan warna sesuai selera)
  • Gunting
Cara membuat :
  1. Dengan menggunakan bantuan penggaris dan pensil, Anda dapat terlebih dahulu membuat gambar pattern yang diinginkan pada dinding kamar yang akan dihias. Anda juga dapat menantang kreativitas diri dengan tanpa menggunakan bantuan gambar pattern sebelumnya.
  2. Jika sudah, mulailah cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas dengan menempelkan selotip mengikuti gambar pattern yang telah dibuat.
  3. Usahakan untuk membuat potongan yang rapi saat Anda mencoba menyelesaikan persambungan antara ujung garis yang satu dengan garis lainnya.
  4. Saat semua garis pattern yang Anda buat telah terlapisi dengan selotip secara keseluruhan, maka Abstract Wall pun telah selesai dibuat dan siap menghadirkan keindahan pada dinding kamar.
  • SCRABLE QUOTE
Cara membuat hiasan dinding ruang tamu
Cara membuat hiasan dinding ruang tamu
Anda dapat menuangkan permainan papan scrabble menjadi sebuah hiasan dinding yang indah lho. Cara membuat hiasan dinding kamar ini juga cukup mudah sehingga Anda tidak kesulitan melakukannya.

Alat dan bahan yang diperlukan :
  • Papan kayu ukuran 20cm x 20cm dengan jumlah sesuai kebutuhan
  • Alat tulis
  • Penggaris
  • Cetakan huruf (jika diperlukan)
  • Cat dengan warna sesuai selera
Cara membuat :
  1. Buat susunan dari beberapa kata favorit dalam bentuk susunan tertentu seperti halnya Anda bermain scrable atau permainan susun kata. Hitung total jumlah huruf dari setiap kata yang digunakan secara keseluruhan.
  2. Sediakan papan kayu ukuran 20cm x 20cm sesuai dengan jumlah huruf, Anda juga dapat menggunakan bahan lain yang lebih murah dan ringan seperti cardboard atau karton kardus polos.
  3. Tuliskan masing-masing satu huruf pada tiap potongan papan kayu atau cardboard tadi sesuai kata yang ditentukan menggunakan cat dengan warna kesukaan.
  4. Anda dapat mulai memasang biji scrable dengan model susunan yang telah dirancang jika cat sudah kering.
  5. Gunakan bantuan lem super atau paku untuk menginstal biji scrable pada area dinding.
  6. Saat biji scrable tersebut telah tersusun seluruhnya, maka hiasan dinding kamar Scrable Quote pun telah selesai dibuat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Dari Barang Bekas